Contoh Cerpen Terbaru 2019

Contoh Cerpen Terbaru 2019 - Apabila Anda sedang mencari cerpen, maka Anda berada di blog yang tepat, kita sekarang akan membagikan beberapa cerpen yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Anda bisa menggunakannya untuk tugas sekolah ataupun untuk membacakan cerita bagi anak sebelum tidur. Sebelumnya, Live Terbaru bahas pengertiannya terlebih dahulu. Cerpen adalah sebuah karya tulis cerita fiktif yang menyajikan kisah ataupun cerita seorang manusia dalam menjalani kehidupan nya yang disampaikan melalui tokoh cerita.

Isi dari cerpen cenderung singkat dan padat dibanding novel, ya wajar saja karena kepanjangannya sendiri adalah cerita pendek. Sumber cerita biasanya didapatkan dari pengalaman hidup seseorang, baik pengalaman diri sendiri maupun orang lain yang dibagikan secara menarik. Selain itu, cerpen tidak menyajikan secara menyeluruh melainkan hanya mengangkat sebagian kisah saja, karena yang diambil hanya inti sarinya saja.

Pada dasarnya, untuk membuat cerpen cukup mudah, namun yang menjadi penilaian bukan berhasil atau tidaknya cerpen dibuat, tetapi dari segi bagus atau tidaknya sebuah cerpen. Jadi, Anda harus mengeluarkan seluruh kreativitas Anda untuk membuat cerpen yang menarik. Selain kreativitas, konsistensi juga dibutuhkan agar cerita yang disajikan tidak acak-acakan alias cerita berjalan sesuai alur.

Contoh Cerpen


Jenis-jenis Cerpen
Cerpen sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yang mencerminkan isi dari ceritanya. Beberapa jenis cerpen tersebut yaitu :

1. Cerpen flash (mini)
Jenis pertama yaitu cerpen flash atau cerpen mini. Cerpen ini memiliki ciri-ciri jumlah katanya yang tidak terlalu banyak, yaitu sekitar 750 hingga 1000 kata.

2. Cerpen ideal
Jenis kedua dikenal dengan nama cerpen ideal. Cerpen ini memiliki ciri-ciri jumlah katanya yang medium, yaitu sebanyak 3000 hingga 4000 kata.

3. Cerpen panjang
Jenis ketiga dari cerpen yaitu cerpen panjang. Cerpen jenis ini mempunyai ciri memiliki jumlah kata hingga 10000 kata.

Yang diatas tersebut merupakan jenis-jenis cerpen berdasarkan panjang atau jumlah katanya. Sementara, ada juga pembagian atau pengkategorian jenis cerpen berdasarkan teknik dalam mengarangnya, yaitu :

Cerpen sempurna atau well made short story – Merupakan sebuah cerpen yang isinya terfokus di dalam satu tema, dan menggunakan plot yang benar-benar jelas, serta memiliki ending yang benar-benar mudah juga untuk dipahami. Jenis dari cerpen ini umumnya memiliki sifat yang konvensional dan juga dibuat berdasarkan fakta atau realitas dunia. Cerpen sempurna juga nyaman dibaca dan sangat gampang dipahami. Bahkan, pembaca cerpen awam pun juga bisa menyelesaikan membacanya dalam waktu kurang dari 1 jam saja.

Cerpen tidak utuh atau slice of life short story – Cerpen kedua ini merupakan cerpen yang tak terfokus di satu tema saja, temanya berpencar-pencar, dan juga memiliki plot atau alur cerita yang tak terstruktur, seringkali dibuat mengambang oleh sang pengarang cerpen tersebut. Ciri lainnya dari cerpen tidak utuh yaitu cerpen ini umumnya memiliki sifat kontemporer, dan juga ditulis berdasarkan pada gagasan dan ide yang original atau asli. Cerpen ini sering juga disebut dengan cerpen ide atau cerpen gagasan. Dan kemungkinan, bagi pembaca cerpen yang masih awam, cerpen ini akan lebih sulit untuk dipahami dibandingkan cerpen sempurna.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Cerpen


Janji terakhir

Namaku adalah Ronny, saat ini aku masih kuliah. Walaupun hidup keluargaku berkekurangan, namun aku benar-benar bersemangat untuk berjuang. Apalagi saat ini, aku telah memiliki keluarga sendiri. Sehingga aku bertanggung jawab untuk menjadi seorang bapak tulang punggung keluargaku, supaya istri dan anak-anakku dapat makan.

“Mami, aku berangkat kerja dulu”, Seru Roy kepada istrinya.
Anak-anak Ronny pun menyambut, dan berkata kepada bapaknya, “Pa, Aku ulang tahun hari ini, jangan lupa kado untukku ya Pa”.

Mendengar permintaan anaknya tersebut, Ronny menginyakannya.
Ketika bekerja, Ronny pun bekerja dengan semangat, mengingat untuk membelikan anaknya sebuah kado yang menarik. Kemudian Ronny pun ditawarkan pekerjaan lembur oleh bosnya. Ronny menyadari bahwa pekerjaannya berbahaya, karena untuk lembur di tempat kerjanya yang bagian kuli bangunan bertingkat, dia bisa saja terjatuh karena hanya ditemani oleh pencahayaan lampu saja pada malam hari.

“Baiklah pak, Cuma mungkin aku hanya dapat bekerja hingga jam delapan malam, karena masih harus membelikan hadiah ulang tahun untuk anakku”, sang bos pun mengerti karena dia juga memiliki dua orang anak.

Namun malang tidak bisa ditebak, Ronny mengalami kecelakaan dan mengakibatkan dia meninggal. Sepertinya janji terakhir dari Ronny kepada anaknya pun tidak dapat dipenuhi.

Sekian informasi mengenai Contoh Cerpen sedih pendek dari Live Terbaru ini, bagi Anda yang sedang mengerjakan tugas tentang cerpen semoga tulisan ini dapat membantu. Terima kasih.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2015 Live Terbaru - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top